Tajdidul Iman


Salam Kebaikan, Semoga sobat semua di hari ini dikaruniai kemudahan dalam tiap urusan.
Sobat, acap kali guru kami ketika di Pondok Gading (Pondok Pesantren Miftahul Huda Malang), beliau KH. Abdurahman Yahya selalu mengajak qta semua untuk tajdidul iman. Tajdidul iman, dapat diartikan: memperbaharui keimanan qta, mengukuhkan kembali keimanan qta untuk meng esa kan Allah SWT, tiada tuhan selain Dia. Keimanan seseorang dapat dilakukan: 1. Diyakini dalam hati, 2. Diucapkan dengan lisan, 3. Dilakukan dengan amal perbuatan.
Sobat, tajdidul iman harusnya selalu qta lakukan agar qta terhindar dari kemusyrikan, na’udzubillahi min dzalik. Tajdidul iman qta lakukan tiap saat, minimal sebelum sholat, qta ucapkan kembali 2 kalimat syahadat (asyhadu an laa ilaaha illallah wa asyhadu anna Muhammadan rasulullah).
Sobat, tajdidul iman itu qta perlu lakukan karena tiap kali qta tidak terasa bahwa keimanan qta sudah keluar dari diri qta. Kadang secara tidak qta ketahui, qta sudah melakukan perbuatan syirik, untuk itulah qta harus selalu memperbarui keimanan qta setiap waktu. Misalkan: qta memiliki sebuah cincin/jimat, ketika ada kecelakaan beruntun, ternyata qta sendiri yg selamat, terus qta bilang “untung ada cincin/jimat ini, kalo gak ada ini, pasti gak selamat”, maka secara tidak qta sadari, keimanan qta sudah keluar dari diri qta. Misalkan juga: ketika qta ada masalah, kemudian ada orang yang membantu, terus qta bilang “untung ada bapak, kalo gak ada bapak saya pasti sudah hancur”, ini juga sdh keluar keimanan qta, karena disini qta menafikan Allah SWT. Boleh2 saja qta berterimakasih kpd orang, bisa qta bilang demikian: “alhamdulillah, segala puji bagi Allah SWT, dengan pertolongan-Nya melalui bapak, alhamdulillah, masalah sy bisa teratasi”, jadi disini, qta selalu mendahulukan Allah SWT sebagai tuhan qta, tuhan alam semesta, tuhan yang maha kuasa atas segala sesuatu “laa haula wa laa quwwata illa billahil ‘aliyyil ‘adzim”.
Akhirnya, semoga yang sedikit ini bermanfaat, semoga qta semua diberikan hidayah dan inayah Allah SWT untuk selalu memelihara keimanan qta, untuk selalu tajdidul iman, memperbaharui keimanan qta di setiap waktu, amin…
Salam Kebaikan, Akhlis Mz
www.akhlismunazilin.com
Pengasuh PonPesFatchulHuda.Org
PresDir at PPFH Group
Dosen at UniRAs
@

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>